Skip to main content
Prediksi Pilbup Karo 2020 4 Paslon Jalur Partai dan 1 Independen Akan Bertarung
Prediksi Pilbup Karo 2020 4 Paslon Jalur Partai dan 1 Independen Akan Bertarung

Prediksi Pilbup Karo 2020, 4 Paslon Jalur Partai dan 1 Independen Akan Bertarung

Karo, TuntasOnline.com - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karo mendatang diprediksi akan diikuti 4 Pasangan Calon (Paslon) dari jalur Partai dan 1 Pasangan Calon dari Jalur Independen/Perseorangan.

Baca Juga :  Aktivitas Luar Rumah, Pemkab Karo Himbau Wajib Gunakan Masker

Terkelin Brahmana selaku Petahana  diprediksi tidak maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Karo pada 9 Desember tahun 2020 mendatang. Pasalnya, hingga saat ini belum ada keputusan terkait surat keputusan (SK) dukungan dari partai politik yang minimal tujuh (7) kursi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karo.

Sedangkan empat (4) bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati Kabupaten dan Wakil Bupati Kabupaten Karo yang akan bertarung pada Pilkada Karo 9 Desember tahun 2020 telah memiliki Surat Keputusan (SP) dukungan  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik.

Menurut informasi terhimpun, Bakal Calon kontestan Pilkada yang telah mendapat restu dari jalur partai diantaranya :

1. DR (HC) Kena Ukur Karo Jambi Surbakti  berpasangan dengan Drs Paulus Sitepu diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golkar dan PAN, (10 kursi Di DPRD Karo)

2. Iwan Sembiring Depari SH  berpasangan dengan Ir Budianto Surbakti, MM didukung oleh Partai PDI Perjuangan (8 kursi di DPRD Karo)

3. Cory Sriwaty Sebayang (Wakil Bupati Karo saat ini) berpasangan dengan Theopilus Ginting diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Perindo (7 kursi di DPRD Karo)

4  Brigjend TNI (Pur) Jusua Ginting, SIP. berpasangan dengan dr Saberina Mars Br Tarigan ( Partai Nasdem, Partai Hanura dan PKPI (10 kursi).

Sedangkan, untuk Paslon dari jalur perseorangan (independen) adalah Cuaca Bangun-Agen Morgan Purba.

Terkelin Brahmana yang merupakan Bupati Petahana saat dikonfirmasi wartawan usai menerima penghargaan BPS di ruang aula kantor bupati Karo, Selasa (1/9) sore mengatakan "Apabila mendapat dukungan dari partai politik kita siap maju bertarung di Pilkada Kabupaten Karo. Nah, kalau tidak dapat dukungan dari partai politik, tentu saja tidak maju. Saat ini kita fokus dulu bekerja demi masyarakat Kabupatrn Karo, terlebih, saat pandemi covid 19 dan dampak erupsi gunung Sinabung menerpa kabupaten Karo," pungkas Terkelin.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, Gemar Tarigan sebelumnya telah mengatakan bahwa,  KPUD sudah mengumumkan melalui  surat edaran(SE) pengumuman dengan  Nomor : 618/PP.04.2.Pu/1206/KPU-Kab/VIII/2020 tentang pendaftaran pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati yang dimulai pada tanggal 4-6 September 2020.

Selain itu, ia menjelaskan, soal ketentuan pendaftaran bagi para Paslon Bupati Kabupaten Karo dan Wakil Bupati Kabupaten tersebut.

Baca Juga :  Gelombang Kelima, PDIP Umumkan 4 Paslon Untuk Pilkada Bengkulu

"Pertama, bagi bakal pasangan calon perseorangan, pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karo dilakukan oleh bakal pasangan calon perseorangan. Kedua, bagi bakal pasangan calon melalui partai politik atau gabungan partai politik, pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dilakukan oleh pimpinan partai politik atau gabungan partai politik. Ketiga, bakal pasangan calon perseorangan, bakal pasangan calon dan pengurus partai politik atau gabungan partai politik wajib hadir pada saat pendaftaran. Keempat, dalam hal pengurus partai politik atau gabungan partai politik, atau salah seorang bakal calon atau bakal pasangan calon tidak dapat hadir pada saat pendaftaran, partai politik atau gabungan partai politik tidak dapat melakukan pendaftaran. Kecuali ketidakhadiran tersebut disebabkan halangan yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang," jelas Gemar.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size