Skip to main content
Covid-19 Tak Halangi Pemkot Padangsidimpuan Lakukan Pencegahan Stunting
Covid-19 Tak Halangi Pemkot Padangsidimpuan Lakukan Pencegahan Stunting

Covid-19 Tak Halangi Pemkot Padangsidimpuan Lakukan Pencegahan Stunting

Padangsidimpuan, Tuntasonline.com - Meski pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia khususnya Kota Padangsidimpuan tidak lantas menghalangi pemerintah melanjutkan program pencegahan stunting di daerah.

Baca Juga :  PDAM Alami Pecah Perpipaan, Berikut Cara Pelanggan Jika Ajukan Droping Air

"Kita tidak menjadikan pandemi penghalang untuk tidak melanjutkan program pencegahan stunting di Kota Padangsidimpuan," kata Kadis Kesehatan melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Ita Arbaiah, Selasa (11/8/2020).

Dikatakan Kabid, pelayanan gizi penting bagi kelompok anak usia dini, remaja serta ibu hamil dan menyusui. Melalui program perbaikan gizi masyarakat yang dilakukan pihaknya, diharap akan menciptakan masyarakat yang sehat.

Pemerintah pusat hingga daerah juga mengajak  dan mendorong masyarakat melalui promosi kesehatan selalu menyampaikan agar masyarakat menerapkan pola makan yang sehimbang serta gaya hidup sehat selama pandemi berlangsung.

"Pemerintah juga melibatkan masyarakat guna menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat. Tahun 2020 ini, pemkot setempat melalui dinas kesehatan fokus pada pemberian vitamin A dan pemberian tablet tambah darah pada remaja putri," terang Ita.

Pelayanan kesehatan bagi ibu bersalin dan nifas, sambung dia, dengan menerapkan inisiasi menyusui dini (IMD) dan pemberian Asi Eksklusif yang dilaksanakan oleh Faskes terutama Fasilitas Kesehatan tingkat pertama (FKTP) milik pemerintah.

Kemudian khusus kegiatan spesifik gizi, surveilans gizi tetap melakukan pemantauan pertumbuhan Balita, skrinning atau pelacakan dan konfirmasi gizi buruk, pencatatan dan pelaporan gizi.

Baca Juga :  Danrem 071 : Pertebal Semangat Kebangsaan Adalah Upaya Cegah Radikalisme

"Tidak hanya itu saja, suplementasi gizi berupa penyediaan makanan tambahan penyuluhan pada Balita, penyediaan makanan tambahan pemulihan bagi Balita juga turut disediakan dan berlanjut ditengah pandemi," pungkasnya. (RF/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size