Skip to main content
Hewan Kurban Anggota DPRD Sisakan Cerita di Dusun Tertua Sidimpuan
Hewan Kurban Anggota DPRD Sisakan Cerita di Dusun Tertua Sidimpuan

Hewan Kurban Anggota DPRD Sisakan Cerita di Dusun Tertua Sidimpuan

 

Padangsidimpuan, Tuntasonline.com - Momentum perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020 ini di Dusun Batu Lanja, Desa Simasom Kecamatan Angkola Julu Kota Padangsidimpuan menyisakan kesan khusus. Sebuah hal yang tidak mereka duga sama sekali terjadi.

Roman bahagia masih terpancar di wajah warga yang bermukim yang konon katanya merupakan dusun tertua di Kota Padangsidimpuan itu, berkat hadirnya donasi 1 ekor hewan kurban pemberian seorang wakil rakyat. Ini yang menegaskan perasaan mereka, sungguh Idul Adha kali ini berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya.

Baca Juga :  Pantauan Satelit BMKG Tunjukkan Sebaran Titik Panas di Mukomuko

Dusun Batu Lanja berada di pingggiran Kota Sidimpuan dan berbatasan dengan Kabupaten Tapsel. Meski tidak terlalu jauh dari jalan utama desa, hanya berkisar 400 meter saja. Namun, tidak banyak yang tahu atau sedikit sekali orang pernah berkunjung ke dusun yang didiami 50 kepala keluarga atau 75 orang jumlah penduduk ini.

"Tempat kami ini jauh dari keramaian dan boleh dibilang cukup terpencil. Tapi tidak disangka, ada seorang wakil rakyat datang dan berkurban di sini," kata Siregar, salah satu Alim Ulama setempat kepada awak media, Senin (3/8/2020), bercerita tentang kesan Idul Adha kemarin.

Hingga saat ini, sebut Siregar yang keseharian dipangggil Malim oleh warga setempat, cerita tentang wakil rakyat berkurban di dusun mereka masih sebuah perbincangan hangat. Mayoritas warga mengaku kagum dengan sosok anggota legislatif Kota Padangsidimpuan. Sebab, ungkap mereka, jarang ditemui sosok dewan sesederhana itu.

"Di tengah keberadaan kami di sini, luput dari perhatian para dermawan, seorang perempuan bernama Hj. Elliyati yang belakangan diketahui ternyata salah satu anggota dewan terhormat datang menyambangi kami. Dan itupun di momen yang sangat sakral bagi kita," cerita Malim.

Kalam, warga lainnya, sependapat dengan penilaian itu. Kepada awak media, Kalam mengutarakan Elliyati-Elliyati seperti itu seharusnya harus lebih banyak lagi menghiasi sisi kepribadian dari anggota dewan, selaku mandatoris  rakyat untuk menyuarakan aspirasi rakyat termarjinal.

"Sosok seperti Elliyati tak sekedar jarang, bahkan nyaris langka didapati di era pendahuluan kepentingan di atas segalanya seperti sekarang. Beliau memberi penegasan kepada kami, bahwa politisi jujur itu masih ada," ujarnya.

Di lain pihak, Camat Padangsidimpuan Angkola Julu M. Ridwan Ritonga membenarkan adanya donasi hewan kurban dari salah seorang anggota dewan itu. "Memang kebetulan sehari sebelum Idul Adha 1441 Hijriah (Jumat 31 Juli 2020) Saya ikut mendampingi Ibu Elliyati untuk menyerahkan seekor lembu untuk kurban," imbuhnya.

Dan, lanjut dia, kalau boleh berkomentar terkait perhatian beliau (Elliyati) kepada konstituennya, Ridwan analogikan antara pilkada dengan pil KB. "Kata-katanya berbeda, tapi titik beratnya sama-sama ingat. Meski tidak di suasana pemilihan atau kepentingan, beliau tetap ingat," ujarnya.

Atas perhatian Elliyati melalui pemberian hewan kurban kepada warganya tersebut, tidak lupa Camat Ridwan pun menyampaikan apresiasi yang tinggi. "Terimakasih atas atensinya. Semoga apa yang sudah diperbuat Ibu Elliyati akan mendapat ganjaran pahala dari Allah," pungkasnya.

Terpisah, Hj. Elliyati yang juga Ketua Fraksi Persatuan Bintang Kebangkitan DPRD Padangsidimpuan menolak halus saat akan diwawancarai. "Aduh Pak, sebaiknya tak usah dipublis terlalu jauh. Takutnya nanti dikira kita mau riya (pamer) lagi dengan ibadah," tutur Politisi PPP itu.

Baca Juga :  Rapat Paripurna, DPRD Padangsidimpuan Setujui Laporan LKPJ Walikota

Istri tercinta Gofar Purnomo itu hanya menggarisbawahi, bahwa selaku umat harus meneladani pengorbanan yang diajarkan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS. "Intisarinya, kita hanya ingin bermanfaat bagi orang lain dengan apa yang bisa kita beri serta perbuat," ucapnya. (AS/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size