Skip to main content
Prihatin Generasi Muda Kajari Terinspirasi Wujudkan Padangsidimpuan Bersinar
Prihatin Generasi Muda Kajari Terinspirasi Wujudkan Padangsidimpuan Bersinar

Prihatin Generasi Muda, Kajari Terinspirasi Wujudkan Padangsidimpuan Bersinar

Padangsidimpuan, Tuntasonline.com - Berawal dari rasa keprihatinan melihat kondisi generasi muda dewasa ini, Kepala Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan Hendry Silitonga, terinspirasi mewujudkan Kota Bersih Narkoba (Bersinar).

Baca Juga :  Simpan Ganja, Parubaya Asal Kampung Bali Diciduk Polisi 

“Sebulan lebih menjabat Kajari di sini, banyak sekali kasus narkoba yang diterima Kejaksaan. Ada apa? Akan bagaimana nasib generasi muda kita ke depannya?,” papar Kajari Hendry, Rabu (22/7/2020), di resepsi peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60.

Di kesempatan itu, Kajari Padangsidimpuan terinspirasi sebuah program pemberantasan peredaran narkoba yang dilakukan secara bersama-sama oleh segenap institusi dan elemen masyarakat. Sehingga Padangsidimpuan bisa menjadi Kota Bersinar 

Sa anak sa boru (menganggap semua anak itu sebagai anak bersama) yang merupakan sebuah kearifan lokal yang lama hilang, harus digelorakan kembali. Sehingga segala kemungkinan yang dapat merusak generasi muda kita dapat diantisipasi.

Inspirasi ini kembali diutarakan Hendry saat menerima kehadiran Wali Kota Sidimpuan Irsan Efendi Nasution, Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Sekda Letnan Dalimunthe, pimpinan OPD, Ketua DPRD Siwan Siswanto, dan Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap.

Kata Kajari Padangsidimpuan, tindakan pemberantasan peredaran narkoba di lapangan oleh polisi dan BNN terasa sudah cukup efektif. Namun akan jauh lebih efektif lagi jika segenap elemen masyarakat dilibatkan di dalamnya.

Aksi pemberantasan tidak akan cukup hanya dengan sosialisasi dan tindakan hukum. Tetapi harus dibarengi dengan gerakan bersama menumbuhkan semangat masyarakat unutk ikut terlibat memberantasnya. Sehingga bisa dilakukan pencegahan sejak dini. 

Kejaksaan, tegas Hendry, siap menjadi fasilitator bagi seluruh institusi dan elemen untuk membentuk sebuah tim terpadu pemberantasan narkoba di Padangsidimpuan. “Kita harus bertindak. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kita, siapa lagi?” ujarnya.

Diakuinya juga, aksi pemberantasan peredaran narkoba oleh Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini SIK.MH, dan jajarannya sudah sangat baik. Tetapi tentu butuh dukungan segenap elemen. Tidak hanya dukungan lewat kata-kata, tetapi harus aksi nyata.

“Mohon maaf, tujuan kita demi untuk menyelamatkan masyarakat kota ini dari dahsyatnya bahaya narkoba. Kita sama-sama punya anak, maka sinergitas harus kita bangun bersama. Niat ini tulus datang dari lubuk hati yang paling dalam,” ucap Kajari.

Menyahuti ini, Walikota Sidimpuan Irsan Efendi Nasution dan Ketua DPRD setempat menyatakan siap bersinergi memberantas peredaran narkoba lewat gerakan tim terpadu. Mereka berterimakasih kepada Kajari yang telah peduli kepada masyarakat kota ini.

“Harapan kami pak Kajari, alangkah baiknya kita lebih dahulu meminta pendapat ibu Kapolres dan ibu Kepala BNN. Baru kita undang pak Dandim 0212/TS, Danyon 123/RW, Danyon C Brimobdasu, perwakilan tokoh agama, adat dan pemuda,” katanya.

Baca Juga :  Diduga Terlibat Pembunuhan di Sungai Lau Bilang, Polisi Kembali Ciduk Satu Pelaku

Pada prinsifnya, eksekutif dan legislatif sangat siap untuk menjalankan gagasan Kajari Padangsidimpuan tersebut. Menurut mereka, inspirasi ini berkah di HBA ke-60, dan menjadi penyemangat baru aksi penyelamatan masyarakat dari bahaya narkoba. (AS/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size