Skip to main content
Pamsimas Desa Tanjung Heran Dikeluhkan Masyarakat
Pamsimas Desa Tanjung Heran Dikeluhkan Masyarakat

Pamsimas Desa Tanjung Heran Dikeluhkan Masyarakat

Bengkulu Tengah, TuntasOnline.Com - Pembangunan Sarana Air Minum dan Sanitasi di Desa Tanjung Heran Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah tidak berfungsi lagi. 

Hal ini berdasarkan informasi yang dihimpun dari masyarakat Desa Tanjung Heran yaitu inisial RK, dirinya menilai bahwa program pembangunan sarana air minum dan sanitasi di Desa mereka tidak berfungsi lagi.

Baca Juga : DPRD Karo Gelar Paripurna, Bahas 3 Ranperda 

RK menjelaskan program pembangunan tersebut di tahun 2018 yang besar anggaranya Rp.231.000.000 yang dananya dari APBN dan langsung dikelola oleh tim kelompok keswadayaan masyarakat (KKM) di Desa.

"Tapi sangat disayangkan sekali bangunan tersebut tidak bermanfaat bagi masarakat Desa Tanjung heran," jelas RK.

Kepala Desa Tanjung Heran Palaheren menjelaskan juga ketika dikonfirmasi bahwa benar bangunan tersebut tidak bermanfaat untuk warga.

"Saya sebagai pemerintahan desa belum menerima serah terimanya dari tim pengelolah bangunan tersebut dan benar masyarakat merasa kecewa dengan bangunan tersebut oleh karena sistem kerjanya swadaya masyarakat waktu itu masyarakat juga begotoroyong dalam pekerjaan tersebut dan masyarakat juga diambil pungutan dari tim pengelolah di desa yaitu (KKM) sebesar kurang lebih satu Kepala Keluarga Rp.95.000," jelas Kepala Desa.

Terpisah kelompok keswadayaan masyarakat yaitu Sumarlin sebagai Ketua menjelaskan bahwa benar adanya bangunan tersebut dia sebagai Ketua Tim di Desa dan bangunan tersebut sudah selesai sesuai dengan juklak dan juknis yang ada.

"Kalau masalah pungutan dengan warga memang itu diatur dalam aturan dikarenakan pekerjaanya sistem swadaya, dan pengutan dari warga tersebut dapat kami kumpulkan di angka Rp.13.200.000,- dan itu diperuntukan buat makan minum masyarakat yang bergotoroyong dalam pekerjaan tersebut," jelasnya.

Baca Juga :  Kades dan Perangkat 7 Bulan Belum Terima Gaji, Ini Alasannya

Harapan masyarakat dan Pemerintahan Desa Tanjung Heran kepada instansi yang terkait agar bisa memeriksa bangunan tersebut apabila ada terjadi kejanggalan di bangunan tersebut baik masalah fisik maupun administrasi agar bisa diproses dengan hukum yang ada sebab bangunan tersebut  dianggap tidak ada gunanya.(Dy)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size