Skip to main content
I
Ilustrasi Ist

Setiap Perbuatan Pasti Ada Resikonya

Semua perbuatan yang kita lakukan punya resiko untuk orang lain yang merasa tersudutkan, dicintai, diprovokasi, atau perasaan yang lain-lain lagi. Beberapa orang  sungguh tak punya maksud apa-apa, namun tetap saja dapat disalah artikan. Beberapa lainnya paham betul akan ini, sementara sebagian lainnya menyalahgunakan maksud untuk kepentingan diri sendiri. 

Seandainya kita tahu kekuatan rasa percaya. Maka seyogyanya kita tak perlu serta merta untuk meyakinkan orang-orang  terkait apapun. Bukannya apa-apa, tapi bagaimana jika yang timbul hanyalah sebuah harapan ataupun janji-janji yang dikarang sendiri oleh persepsi. Yang akhirnya berujung pada kecewa atau pun sakit hati pada orang lain. 

Perasaan sendiri saja terkadang sudah terlalu penuh. Maka daripada itu, kita tak perlu lagi untuk terlalu memikirkan perasaan orang lain yang padahal pasalnya bukanlah sebuah masalah yang begitu besar. Bukannya mempengaruhi mu untuk menjaga jarak atau pun bersikap “dingin” kepada semua orang, namun tulisan ini hanya menjelaskan kepadamu mengenai reaksi yang mungkin timbul dari sebuah aksi yang kamu lakukan.

Terkadang, bahkan tanpa berbicara sekalipun kita dapat mengetahui dengan jelas bagaimana maksud yang tersembunyi pada seseorang tersebut. Saling menjaga perasaan mungkin merupakan suatu hal yang sangat penting. 

Apa perlunya bertanya? Jika pertanyaan yang dilontarkan terkadang hanya membuka luka lama seseorang. Toh, lambat laun pertanyaan tersebut juga akan terjawab dengan sendirinya.

 

Penulis :

Cut Ana Fitratun Nisa
Mahasiswi UIN Ar Raniry Banda Aceh
Fakultas Syariah dan Hukum
Jurusan Hukum Keluarga

Facebook comments

Adsense Google Auto Size