Skip to main content
Terima Kunker Direktur Pomed Bupati Karo Sepakati Peningkatan Kualitas SDM
Terima Kunker Direktur Pomed Bupati Karo Sepakati Peningkatan Kualitas SDM

Terima Kunker Direktur Pomed, Bupati Karo Sepakati Peningkatan Kualitas SDM

KARO, TuntasOnline.Com - Pemerintah Kabupaten Karo menekankan pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di era digital.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dalam berbagai hal. Terlebih di era yang sangat kompetitif saat ini, dibutuhkan SDM yang inovatif dan kreatif.

Baca Juga :  Cermati Perbawaslu, Kuasa Hukum Pemprov : ASN Dikatakan Tidak Netral Apabila Sudah Ada Peserta Pemilu

Pernyataan itu disampaikan Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH MH ketika menerima kedatangan kunjungan kerja MoU (Memorandum of Understanding) Politeknik Negeri Medan bersama Komisi A DPRD Karo, Selasa (30/06/2020) di ruang Rapat Bupati Karo, Jalan Letjen Djamin Ginting, Kabanjahe.

Turut hadir mendampingi Bupati Karo, Staf Ahli Mulia Barus, Kepala Dinas Kominfo Drs Jonson Tarigan, Kepala Dinas Pendidikan, DR Eddi Surianta Surbakti MPd, Kabag Otda Robinson Brahmana, Kabag Pemdes Djoko Sudjarwanto, Kabid Pemdes Andi Sinuhaji, Kabid Bapeda Hasyim Siregar.

Menurut Bupati Karo penerapan E-Government di era globalisasi dan modern saat ini dipandang mampu menjalankan system pemerintahan yang lebih efisien, efektif, cepat, akurat, aman, bersih dan transparan serta dapat meningkatkan mutu dalam pelayanan publik.

Tentu hal itu tidak semudah membalik telapak tangan, ada banyak persoalan dan tantangan yang kita hadapi untuk mewujudkan SDM unggul di masa yang akan datang. Salah satunya, melalui peningkatan kerjasama (MoU) dengan Politeknik Medan yang telah disepakati beberapa waktu lalu.

Bupati Karo menekankan MoU yang ada selama ini antara pihak Polmed Medan dengan Pemkab Karo nomor : 119/299/OTDA /2017 tanggal 23 Agustus 2017, mengatur kerjasama kedua belah pihak, cukup sudah baik terlaksana. Namun dipandang perlu ditingkatkan lagi, Ujar Terkelin.

Sementara Direktur Politeknik Negeri Medan (Polmed), Abdul Rahman SE AK Msi, menyambut baik adanya peningkatan kerja sama dalam segala bidang yang dimiliki fasilitas oleh pihaknya, dan sependapat ada point penambahan seperti yang kami harapkan pendampingan dana desa dan pembentukan BUMDES.

Di samping itu, Polmed Medan juga tersedia prodak uji tanah, uji laboratorium, uji bahan bangunan. Selama ini pihak Polri dan Kejaksaan di Medan, Polmed dipakai sebagai pendampingan saksi ahli untuk menguji tindak pidana, sesuai fasilitas kemampuan dimiliki Polmed Medan, terangnya.

Selain itu, ada juga, sistim informasi guru mengajar (SIGUM) sebagai pelatihan guru lewat daring dan PSDKU (program studi diluar kampus), ini merekrut mahasiswa di Kabupaten Karo, namun dosennya kita kirim dari Polmed, apabila tidak memenuhi, sisanya sistem pembelajaran dengan Daring, sebut Abdul Rahman.

Wakil ketua Komisi A DPRD Karo Onasis Sitepu, didampingi Herti Delima Br Purba, Edi Ulina Ginting, Jani Sembiring dan Nora Else Br Surbakti sepakat, kerjasama yang sudah ada harus lebih ditingkatkan baik segi mutu, sasaran dan kebutuhan Kabupaten Karo, yang menyentuh bagi masyarakat, ujarnya.

Baca Juga :  GGTP Covid-19 Karo Akan Bentuk Tim Pendisplinan

Tidak kalah pentingnya, lukusan SMA/sederajat dari Kabupaten Karo kiranya dapat prioritas masuk Polmed dengan indikator kesepakatan dan rekomendasi, harap Onasis diamini anggota komisi A lainnya. 

Di akhir acara, Bupati Karo Terkelin Brahmana saling tukar cenderamata dengan Direktur Polmed Abdul Rahman disaksikan anggota komisi A DPRD Karo.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size