Skip to main content
Pengganti Jembatan Ambruk di Batu Godang Selesai Dikerjakan
Pengganti Jembatan Ambruk di Batu Godang Selesai Dikerjakan

Pengganti Jembatan Ambruk di Batu Godang Selesai Dikerjakan

Tapanuli Selatan, Tuntasonline.com-Jembatan penghubung di Desa Baru Godang Kecamatan Angkola Sangkunur Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang ambruk akibat dilintasi truk bertonase berat pada minggu lalu, akhirnya selesai dibangun, Sabtu (12/6/2020).

Jembatan type bailey berukuran 15 X 4 meter tersebut dikerjakan dan dirakit secara marathon oleh tim Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tapsel hanya dalam waktu 5 hari, sehingga akses transportasi dari dan  ke desa itu  kembali normal.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata di Karo Diperpanjang

Kepala Dinas PUPR Tapsel Chairul Rizal Lubis mengatakan, pasca ambruknya jembatan kayu, pihaknya langsung mengerjakan perbaikannya dengan memindahkan rangka jembatan bailey yang ada di Desa Aek Natas Kecamatan Angkola Selatan ke jembatan Desa Batu Godang.

“Sesuai target, perbaikan jembatan itu tidak memakan waktu terlalu lama, sehingga akses transportasi dan aktivitas warga masyarakat bisa kembali normal seperti sediakala. Dan mengingat jembatan tersebut sangat vital,“ ujarnya.

Dikatakannya, jembatan bailey mampu dilintasi kenderaan dengan bobot maksimum 5 ton. Untuk itu diharap agar masyarakat sama-sama menjaga dan memanfaatkan jembatan dengan tidak melampaui kapasitas maksimum. Sehingga para warga beraktifitas menjalankan perekonomian di pasar Batu Godang.

Sekedar diketahui, jembatan tersebut ambruk karena telah dimakan usia dan saat itu dilintasi truk bertonase berat. Kejadian itu terjadi pada hari Minggu lalu, sehingga jembatan yang sudah berumur 30 tahun dengan panjang 4 X 12 meter itu menjadi ambruk.

Jembatan ini menghubungkan tujuh Dusun di Angkola Sangkunur yaitu, Dusun Toko Padang, Dusun Koje, Dusun Durian, Dusun Situnggaling, Dusun Tanah Lapang, Dusun Gunung Pardomuan, Dusun Gunung Harapan yang total jumlah penduduknya sebanyak 3.480 orang.

Tokoh masyarakat Desa Batu Godang Johari Dalimunthe mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu dan tim Dinas PUPR atas responnya yang begitu cepat terhadap pembangunan jembatan, sehingga apa yang jadi kendala masyarakat dapat teratasi dengan baik.

Baca Juga :  Warga Kecamatan Juhar Terima BST Tahap Kedua

“Semoga jembatan tersebut bisa bermanfaat demi kelancaran perekonomian masyarakat di tujuh dusun yang mayoritas kehidupannya dari bertani dan berladang. Terlebih saat ini di masa pendemi covid-19 masyarakat butuh peningkatan ekonomi,“ tuturnya. (AS/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size