Skip to main content
Kapolres Sidimpuan Gandeng Media Hadirkan Informasi Penyejuk
Kapolres Sidimpuan Gandeng Media Hadirkan Informasi Penyejuk

Kapolres Sidimpuan Gandeng Media Hadirkan Informasi Penyejuk

Padangsidimpuan, Tuntasonline,com - Lebih kurang sebulan mengemban tugas sejak dilantik menjadi Kapolres Padangsidimpuan, AKBP juliani Prihartini memandang animo warga akan arus informasi sangatlah besar.

"Entah penilaian saya benar atau tidak, warga kita di daerah ini sangat melek informasi dan kritisi. Dan itu memang baik juga positif," kata AKBP Juliani, Kamis (9/4/2020), dalam temu pers berbingkai coffee morning di Mapolres.

Acara ini turut dihadiri Wakapolres Kompol M. Dalimunthe, Kabag Ops Kompol Aswat Tarigan, Kasat Reskrim Bambang Heriyanto Tarigan, Kasat Intelkam AKP Ahmad Fauzi, Kasubbag Himas IPTU Maria Marpaung, diikuti puluhan wartawan dari media online, cetak, dan televisi.

AKBP Juliani menyampaikan, seharusnya temu pers ini digelar jauh hari atau semenjak dirinya resmi memimpin di wilkum Polres Sidimpuan. Tapi banyaknya agenda tugas mendesak yang butuh penyelesaian, membuat itu terkendala.

"Harus diakui, antara kepolisian dan media ada muatan simbiosis mutualisme. Artinya, polisi butuh sarana menyampaikan informasi kinerja, sebaliknya media juga butuh bahan ekspos berita untuk disajikan ke publik," ungkapnya.

Peran media, menurut Kapolres, memiliki peran penting disemua lini kehidupan. Media dapat jadi penyambung aspirasi antara masyarakat dengan pemerintah. Media juga bisa sebagai penyejuk bagi masyarakat yang dilanda panik.

"Media melalui tulisan wartawannya mampu menetralisir kepanikan masyarakat. Terlebih di tengah gempuran isu virus corona atau Covid-19 di Kota Padangsidimpuan. Media jadi kanal penjernih informasi bagi masyarakat," ujarnya.

Ketika seseorang wartawan itu memuat tulisan dimedianya lalu menyebarkannya, maka efek kejutnya bagi masyakarat khususnya pengguna media sosial begitu cepat menebar. Karenanya sangat dituntut peranan media jadi penyejuk.

Berkaca dari itu, Kapolres Sidimpuan pun ajak para awak media bersinergi, demi terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtimbas) yang aman dan sejuk. Sangat diharapkan persepsi yang sama dalam hal itu.

"Maka itu, saya pun menekankan kepada para PJU Polres agar terbuka kepada rekan media. Tentunya mengenai informasi yang dibutuhkan oleh rekan media. Kalau belum tersampaikan, mohon rekan media memahami," papar dia.

Alasannya, sambung AKBP Juli, kadang kala informasi itu belum bisa keluar karena mungkin masih dalam tahap penyelidikan. Rekan media harus memahami itu. Sebut saja seperti kasus kejahatan yang pelakunya dalam pengejaran.

"Namun, titik beratnya adalah kepolisian dan wartawan harus bersinergi dan bekerjasama. Dua elemen ini merupakan mitra. Dan sesama mitra harus saling mensupport demi terjaganya kamtibmas yang baik di Bumi Dalihan Natolu," pungkasnya. (AS/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size