Skip to main content
Wabah Covid-19 Kadis Kominfotik Minta Pers Berperan Sebagai Edukator Bukan Provokator
Wabah Covid-19 Kadis Kominfotik Minta Pers Berperan Sebagai Edukator Bukan Provokator

Wabah Covid-19, Kadis Kominfotik Minta Pers Berperan Sebagai Edukator Bukan Provokator

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Banyaknya Pemberitaan yang diduga Ada Kepentingan Politik atau Terindikasi Memperkeruh Suasana di wabah Virus Covid-19, Ini Himbauan Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Jaduliwan, Selasa (7/4).

Dalam Penyampaian nya Melalui Vidio Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Jaduliwan mengatakan Sangat disayangkan masih adanya Pemberitaan dari Media online ataupun Cetak yang berupaya membenturkan kepentingan-Kepentingan lainnya selain Penanganan Wabah Covid-19.

"Pertama saya masih menyayangkan masih ada media media online ataupun media cetak yang masih berupaya membentur kepentingan-kepentingan lain selain dari kepentingan penanganan wabah Covid-19,"Ujar Jadul.

Lanjut Jaduliwan menambahkan saya selaku pengemban tugas negara dalam pemantauan Informasi publik melihat ada kecenderungan yang selalu dilakukan oleh salah satu dan beberapa media berita di Provinsi Bengkulu yang sangat tidak layak untuk dikonsumsi masyarakat sebagai penerima informasi maka dari itu kami tetap dan sangat menghargai kebebasan pers pihak media namun kita harus menyadari saat ini bukan opini publik yang saling bersilangan sehingga publik melihat ada upaya tertentu menjadikan isu yang menghebohkan masyarakat padahal bukan itu yang diminta masyarakat saat ini.

Masih Kata Jaduliwan, Sebagai contoh ada pemberitaan seolah-olah terjadi pertentangan kebijakan kepala daerah dalam situasi sekarang ini, yang kami sinyalir berita tersebut untuk mempengaruhi masyarakat mengabaikan himbauan-himbauan pemerintah oleh karena itu disinilah juga letak kedewasaan masyarakat dimohon mampu untuk memfilter berita-berita yang beredar yang sama sekali tidak ada manfaatnya.

Lanjut Jaduliwan menambahkan berita yang seperti itu kalau sudah terlanjur dibuka tidak usah dibaca lagi atau di komentari karena akan semakin memperpanjang dan memperkeruh situasi, maka diharapkan membuat media Membuat berita yang baik.

Masih Jaduliwan Mengatakan kami sangat mengapresiasi media online dan Cetak maupun Elektronik yang terus berjuang memberi informasi yang berguna bagi masyarakat baik berupa tentang kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah serta pihak-pihak yang benar-benar peduli dalam penanganan wabah Covid-19.

Media berita yang seperti inilah yang harus selalu kita ikuti agar ilmu bermanfaat dan diketahui masyarakat,Maka kami menyatakan media yang seperti ini sudah benar-benar telah menjalankan fungsinya dan menjadi saluran informasi publik yang sehat dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat beberapa hari yang lalu.

Pemerintah Provinsi Bengkulu,Pemerintah kabupaten dan kota terus menggalakkan banyak upaya pencegahan dan penanganan dampak sosial ekonomi atas wabah Covid-19 baik berupa bantuan sosial paket sembako, bantuan kartu pra kerja, bantuan keringanan relaksasi cicilan kredit dan sebagainya. Seharusnya media berupaya mengejar informasi Kapan hal hal ini bisa terealisasi dengan cepat serta informasi bagaimana program ini bisa terealisasi dengan segera, Kata Jaduliwan.

Sehingga masyarakat terutama di level ekonomi bawah bisa terbantu artinya fungsi kontrol dan katalisator melalui informasi yang seperti ini seharusnya dilakukan oleh media berita, baik media mainstream dan juga media yang bapak Ibu sekalian pengelolaan. Media yang sehat terus lakukan fungsi kontrol dan katalisator. Menyampaikan Informasi kepada publik hal-hal yang bermanfaat sehingga pemerintah bersama masyarakat dan seluruh pihak bisa melewati suatu dampak Covid-19 dengan baik dan cepat berlalu dari daerah ini, target kita saat ini mewujudkan Provinsi Bengkulu bebas dari Wabah Covid-19, Tutup Jaduliwan Kadis Kominfotik.(**)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size