Skip to main content
Bengkulu Tengah Ciptakan Alat Pendeteksi Banjir 
Bengkulu Tengah Ciptakan Alat Pendeteksi Banjir 

Bengkulu Tengah Ciptakan Alat Pendeteksi Banjir 

Bengkulu, TuntasOnline.com - Dalam menangani kasus banjir, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bengkulu Tengah menciptakan alat pendeteksi banjir pada Selasa (03/11/2019).

 

Tim Developer Diskominfotik Kabupaten Bengkulu Tengah Saiful menjelaskan mekanisme perlatan ini nantinya akan mendeteksi level ketinggian air yang ada di hulu sungai secara otomatis, dan Alat ini terdiri dari dua perangkat. Pertama untuk deteksi ketinggian air yang akan diletakkan di hulu sungai. Sementara satu alat lainnya ialah monitoring sungai yang akan diletakkan di Kantor BPBD Benteng. 

"Apabila sungai naik level maka sensor membaca dan mengirimkan laporan ke perangkat penerima. Lalu akan dikirimkan 2 macam laporan dalam bentuk sms otomatis di perangkat yang sudah disimpan dan berua sinyal dalam bentuk lampu indikator yang terdiri 3 lampu," ungkap Saiful.

Alat ini berhasil telah melalui tahap uji coba secara berkala dan dinyatakan layak untuk dipergunakan. Pihaknya juga berharap supaya alat ini bisa diimplementasikan.

"Inovasi sampai hari ini berhasil melalui uji coba pengetesan secara berkala dan sudah layak digunakan di lapangan. Kami berharap alat ini bisa diimplementasikan," sambung Saiful.

Bupati Kabupeten Bengkulu Tengah Ferry Ramli berikan apresiasi yang amat tinggi terhadap penemuan Alat ini, hal ini disinyalir karena Bengkulu Tengah sempat mendapatkan musibah bencana alam pada April lalu.

"Saya sangat apresiasi program ini apalagi Bengkulu Tengah sempat mendapat musibah bencana alam kemarin. Padahal PLTA Sungai Musi sudah memberikan alarm deteksi tapi belum terdekteksi kemarin mungkin karena ketinggian air yang melampaui. Namun dengan adanya ini kita berharap sebelum terjadi musibah lagi masyarakat bisa waspada," tutup Ferry. (Mic)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size