Skip to main content
Pemdes Talagajaya Gelar MusrenbangDes Prioritaskan Pembangunan
Pemdes Talagajaya Gelar MusrenbangDes Prioritaskan Pembangunan

Pemdes Talagajaya Gelar MusrenbangDes Prioritaskan Pembangunan

Karawang, TuntasOnline.com - Pemerintahan Desa Talagajaya Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, pada hari Jum'at (20/09/19) menggelar Musrenbang Desa. Hal tersebut untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di lingkungan Desa, bertempat di aula Kantor Desa Talagajaya, Sabtu (21/09/19).

Dikatakan, Naja Nurjaya, SE, sebagai Kepala Desa Talagajaya, tujuan Musrenbang Desa untuk mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan masalah yang berasal dari masyarakat lingkungan Desa yang menjadi skala pelayanan untuk satu tahun mendatang.

"Kegiatan Musrenbang ini dilaksanakan hendaknya menjadi kesepakatan bersama agar benar - benar menjadi sebuah wadah/forum dalam mengambil keputusan bersama dalam rangka menyusun program kegiatan pembangunan tahun berikutnya,"ungkapnya.

Menurutnya, musrenbang dilakukan sebagai upaya mendorong kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan secara utuh dan menyeluruh sehingga tidak boleh muncul egosektor dan egolingkungan dalam menentukan prioritas kegiatan pembangunan.

Lanjutnya, dilakukan musrenbang dalam upaya untuk mendorong individu dan kelompok yang paling terlupakan untuk menyampaikan aspirasi dan pendapatnya, terutama kelompok miskin, perempuan dan generasi muda.

"Dalam musyawarah, tidak boleh ada individu/kelompok yang mendominasi sehingga keputusan - keputusan yang dibuat melalui proses musyawarah semua komponen masyarakat secara seimbang,"ujarnya.

Peserta musrenbang Desa, kata, Naja Nurjaya, SE, dari berbagai kalangan, diantaranya kelompok masyarakat dengan hak yang setara untuk menyampaikan pendapat, berbicara, dan dihargai meskipun terjdi perbedaan pendapat. 

"Siapapun memiliki kewajiban yang setara untuk mendengarkan pandangan orang lain, menghargai perbedaan pendapat, dan juga menjunjung tinggi hasil keputusan bersama,"pungkasnya.(Sule)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size