Skip to main content
Kasat Reskrim Polres Kota Bengkulu AKP Indramawan
Kasat Reskrim Polres Kota Bengkulu AKP Indramawan

Polres Kota Berhasil Amankan Komplotan Maling Spesialis Rumah

BENGKULU, Tuntasonline.com - Pelaku Pencurian Rumah berhasil tertangkap pada Rabu (14/3) yang Lalu. 

Dalam Jumpa  Pers yang dilakukan oleh Kasat Reskrim Polres Bengkulu AKP Indramawan dan Jauhari selaku Kapolsek Teluk Segara pada Selasa (20/3) menyatakan bahwa kejadian pencurian tersebut dilakukan di 4 TKP berbeda, dan pelaku berinisial BY dan MK akan dikenakan Pasal 170, 363, dan 365 KUHP, sedangkan 1 orang tersangka lainnya berinisial RN hingga saat ini masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) pihak Kepolisian.

Tersangka Pelaku Tindakan Pencurian Spesialis rumah berhasil di ringkus oleh Tim gabungan Operasi Kriminal (OPSNAL) Polres Bengkulu dengan Operasi Kriminal (OPSNAL) Polsek Teluk Segara di Pasar Minggu pada Rabu(14/3), dalam proses penangkapan diakui AKP Indramawan, ada Perlawanan yang diberikan oleh Pelaku MK. "Pada awal kejadian kita masih mencari BY, kebetulan BY ini bersama MK pada saat di Pasar Minggu pada saat kami mau menangkap BY ini justru MK yang melawan, karna MK merasa kalau BY ini temannya," Ungkap AKP Indramawan saat melakukan Jumpa Pers di Polres Kota Bengkulu. Setelah BY dan MK diamankan, terungkaplah bahwa mereka adalah satu komplotan dalam melakukan Pencurian di empat rumah yang dilaporkan mengalami pencurian.

Adapun barang hasil curian yang berhasil diamankan dari pelaku:
* 1 Unit Laptop
* 1 Unit Handphone
* 2 Unit Sepeda Motor

Setelah ditelusuri lebih lanjut latar belakang pelaku, ternyata pelaku merupakan residivis dan sudah 3 kali masuk penjara dengan kasus yang sama, bahkan salah satu pelaku merupakan residivis kasus pembunuhan di Argamakmur, Bengkulu Utara. Kasat Reskrim Polres Bengkulu mengatakan proses pencarian terhadap RN yang hingga saat ini masih menjadi salah satu DPO kepolisian. Pelaku pencurian akan dikenakan Tiga Pasal, yaitu:
* Pasal 170 KUHP berbunyi demikian: (1) Barang siapa yang di muka umum bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, dihukum penjara selama-lamanya lima tahun enam bulan.
* Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama tujuh tahun
* Pasal  365 KUHP Diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun pencurian yang didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap orang dengan maksud untuk mempersiapkan atau mempermudah pencurian itu, atau bila tertangkap tangan, untuk memungkinkan diri sendiri atau peserta lainnya untuk melarikan diri, atau untuk tetap menguasai barang yang dicuri.(CW4)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size